Minggu, 26 Februari 2017

DASAR DASAR MESIN UNTUK SMK TEKNIK KENDARAAN RINGAN ...














MEMAHAMI  DASAR - DASAR MESIN  
  
SEJARAH SINGKAT MESIN DIESEL
  Diesel berasal dari nama seorang insiyur dari jerman yang menemukan mesin ini pada tahun 1893, yaitu Dr.Rudolf Diesel . Ia mendapatkan paten ( Rp.67207 ) berjudul ’’ Arbietsverfahren und fur Ausfuhrungsart Verbrenungsmaschinen . Pada waktu itu mesin tersebuttergantung panas yang di hasilkan ketika kompresi untuk menyalahkan bahan bakarBahan bakar ini diteruskan keselinder  olehtekanan udara pada akhir kompresi.

  Pada tahun 1924 Robert  Bosch seorang insiyur dari jerman mencoba mengembangkan pompa injeksi  dari pada menggunakan tekananudara yang akhirnya berhasil menyempurnakan ide dari Dr.Rudolf diesel tersebut.keberhasilanya Robert  Bosch  tersebut di rasakansampai sekerang

MEMAHAMI DASAR DASAR MESIN 
1. URAIAN

Suatu kendaraan memerlukan adanya tenaga luar yang memungkinkan kendaraan dapat bergerak serta dapat mengatasi keadaanjalan,udara dan sebagainyaSumber dari luar yang menghasilkan tenaga disebut mesinMesin merupakan alat yang merubah tenagapanaslistrik, air, angintenaga atom atau sumber tenaga lainnya menjadi tenaga mekanikMesin merubah tenaga panas menjaditenaga mekanik disebut motor bakar ( thermal engine )

Motor bakar ada beberapa macamyaitu mesin bensinmesin diesel, mesin turbin dan lain-lainny, yang menghasilkan tenaga panas yangdihasilkan dari dalam mesin itu sendiri disebut motor pembakaran dalam ( internal combustion engine ) sebagai contoh mesinbensinmesin diesel, mesin turbinTenaga panas yang dihasilkan diluar dari mesin itu sendiri disebut motor pembakaran luar ( external combustion engine ) contohnya mesin uapmesin nuklir dan lainn-lainnya.
  Karakteristik mesin bensin dan mesin diesel adalah sebagai berikut :  
a. Mesin Bensin :

Kecepatannya tinggi dan tenaganya besar

Mudah pengoperasiannya

Pembakarannya sempurna

Umumnya digunakan untuk mobil penumpang dan kendaraan truck kecil

b. Mesin Diesel  :

Efisiensi panasnya tinggi

Bahan bakarnya hemat

Kecepatanya lebih rendah dibandingkan mesin bensin

Getarannya besar dan agak berisik

Harganya lebih mahal

Umumya dipergunakan untuk niaga dan kendaraan besar/ truck/ bus 

2.PRINSIP KERJA MESIN   
Pada gambar skema mesin bensincampuran udara dan bensin dihisap kedalam silinder, 
kemudian dikompresikan oleh torak saat bergerak naikbila campuran udar dan bensin terbakar dengan adanya api dari busiyang panas sekali, 
maka akan menghasilkan tekanan gas pembakaran yang besar didalam selinder. 
Tekanan gas pembakaran ini mendorong torak ke bawah, yang menggerakan torak turun naik dengan bebas didalamsilinder. 
Dari gerak lurus ( naik turuntorak dirubah menjadi gerak putar pada poros engkol melalui batang torakGerak putar inilahyang menghasilkan tenaga pad mobil.
GMBR I










Posisi tertinggi yang dicapai oleh torak didalam silinder disebut Titik Mati Atas (TMA), dan posisi terendah disebut Titik Mati Bawah(TMB), jarak bergeraknya torak antara TMA dan TMB disebut langkah torak (stroke)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar